
Bagi pembina Penegak ujian
SKU merupakan salah satu usaha untuk meyakini :
-
Hasil
proses pendidikan yang telah diselenggarakan.
- Usaha yang dilakukan oleh
Peserta Didik.
- Kemampuan pembina dalam
melaksanakan tugasnya.
Penguji SKU adalah Pembina
yang langsung membina Penegak. Pembina yang bersangkutan dapat meminta
orang lain di luar anggota Gerakan Pramuka untuk menguji. Misalnya orang
yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, orang tua atau wali
penegak, namun penyelesaian akhir menjadi tanggungjawab pembinanya.
Berikut
butir-butir Materi SKU Penegak Bantara :
JENIS PENGEMBANGAN
|
NO
|
BUTIR SKU
|
Spritual
|
1.a
|
Agama Islam
|
a. Dapat menjelaskan makna
Rukun Iman dan Rukun Islam.
b. Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan
dapat mendirikan Sholat sunah secara individu.
c. Mampu menjelaskan makna
berpuasa serta macam-macam Puasa
d. Tahu tata cara merawat dan mengurus jenazah
(Tazhizul Jenazah)
e. Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat
f. Dapat menghafal minimal
sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut
| ||
1.b
|
Agama Katolik
|
|
a. Tahu dan paham makna dan
arti Gereja Katolik.
b. Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat
gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar
gereja katolik
| ||
1.c
|
Agama Kristen Protestan
| |
a. Mendalami Hukum Kasih dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
| ||
1.d
|
Agama Hindu
|
|
a. Dapat menjelaskan sejarah
perkembangan agama Hindu di tujuan kelahiran menjadi manusia menurut
agama Hindu
b. Dapat menjelaskan makna dan
hekekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan
c. Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas dari
Hatta Yoga
d. Dapat melafalkan dan
mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita
e. Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan
sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan
| ||
1.e
|
Agama Budha
| |
a. Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah
satu agama
b. Saddha: Mengungkapkan Buddha
Dharma sebagai salah satu agama
c. Menjelaskan sejarah Buddha
Gotama
d. Menjelaskan Tiratana sebagai
pelindung
e. Menjelaskan kisah-kisah
sejarah penulisan kitap suci Tripitaka
| ||
Emosional
|
2
|
Berani menyampaikan kritik dan saran yang
membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman
|
3
|
Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik
| |
Sosial
|
4
|
Dapat
hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti
|
5
|
Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2
kali setiap bulan
| |
6
|
Setia
membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh atau
sebagian diperolehnya dari usaha sendiri
| |
7
|
Dapat
berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
| |
8
|
Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan
| |
9
|
Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat
minimal 2 kali
| |
10
|
Dapat
menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali
| |
Intelektual
|
11
|
Mengenal,
Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka
|
12
|
Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia
dan Dunia
| |
13
|
Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan
tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan
| |
14
|
Dapat
menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
| |
15
|
Dapat menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan
PBB
| |
16
|
Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan.
| |
17
|
Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai
menjadi barang yang bermanfaat
| |
18
|
Dapat
menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam
kehidupan sehari-hari
| |
Fisik
|
19
|
Selalu
berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai
1 (satu) cabang olahraga tim
|
20
|
Dapat
menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan
|
|
21
|
Dapat memimpin baris berbaris sangganya, dapat
menjelaskan tentang gerakan baris berbaris kepada anggota sangganya
yang terdiri atas gerakan di tempat
| |
22
|
Dapat
menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang
disebabkan perilaku tidak sehat
| |
23
|
Ikut
serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut - turut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar