 Cara menyelesaikan SKU dilakukan melalui ujian 
SKU . Ujian SKU adalah menilai kecakapan pramuka Penegak untuk 
memperoleh Tanda Kecakapan Umum ( TKU ), sehingga kecakapan yang 
dimilikinya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi 
syarat-syarat yang telah ditentukan sesuai dengan keadaan dan kemampuan 
Penegak.
Cara menyelesaikan SKU dilakukan melalui ujian 
SKU . Ujian SKU adalah menilai kecakapan pramuka Penegak untuk 
memperoleh Tanda Kecakapan Umum ( TKU ), sehingga kecakapan yang 
dimilikinya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi 
syarat-syarat yang telah ditentukan sesuai dengan keadaan dan kemampuan 
Penegak.
Bagi pembina Penegak ujian 
SKU merupakan salah satu usaha untuk meyakini :
-         
 Hasil
 proses pendidikan yang telah diselenggarakan.
-          Usaha yang dilakukan oleh 
Peserta Didik.
-          Kemampuan pembina dalam 
melaksanakan tugasnya.
Penguji SKU adalah Pembina 
yang langsung membina Penegak. Pembina yang bersangkutan dapat meminta 
orang lain di luar anggota Gerakan Pramuka untuk menguji. Misalnya orang
 yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, orang tua atau wali 
penegak, namun penyelesaian akhir menjadi tanggungjawab pembinanya.
Berikut
 butir-butir Materi SKU Penegak Bantara :
| 
JENIS   PENGEMBANGAN | 
NO | 
BUTIR SKU | 
| 
Spritual | 
1.a | 
Agama Islam | 
| 
a.   Dapat   menjelaskan makna 
Rukun Iman dan Rukun Islam. 
b.   Mampu   menjelaskan makna Sholat berjamaah dan 
dapat mendirikan Sholat sunah secara   individu. 
c.   Mampu   menjelaskan makna 
berpuasa serta macam-macam Puasa 
d.   Tahu tata   cara merawat dan mengurus jenazah 
(Tazhizul Jenazah) 
e.   Dapat   membaca doa Ijab Qobul Zakat 
f.    Dapat   menghafal minimal 
sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut | ||
| 
1.b | 
Agama Katolik | |
| 
a.   Tahu dan   paham makna dan 
arti Gereja Katolik.  
b.   Dapat   memimpin doa dan membangun serta membuat 
gerakan  cinta kasih pada keberagaman agama di luar   
gereja katolik | ||
| 
1.c | 
Agama Kristen Protestan | |
| 
a.   Mendalami   Hukum Kasih dan 
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
| 
1.d | 
Agama Hindu | |
| 
a.     Dapat menjelaskan sejarah 
perkembangan agama Hindu   di tujuan kelahiran menjadi manusia menurut 
agama Hindu 
b.     Dapat menjelaskan makna dan 
hekekat ajaran Tri Hita   Karana dengan pelestarian alam lingkungan 
c.     Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas dari 
Hatta   Yoga 
d.     Dapat melafalkan dan 
mengkidungkan salah satu bentuk   Dharma Gita 
e.     Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan 
sejarah   pura dalam cakupan Sad Kahyangan | ||
| 
1.e | 
Agama Budha | |
| 
a.     Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah
   satu agama 
b.     Saddha: Mengungkapkan Buddha 
Dharma sebagai salah   satu agama 
c.     Menjelaskan sejarah Buddha 
Gotama 
d.     Menjelaskan Tiratana sebagai 
pelindung 
e.     Menjelaskan kisah-kisah 
sejarah penulisan kitap suci   Tripitaka | ||
| 
Emosional | 
2 | 
Berani   menyampaikan kritik dan saran yang 
membangun dengan sopan dan santun kepada   sesama teman | 
| 
3 | 
Dapat   mengikuti jalannya diskusi dengan baik | |
| 
Sosial | 
4 | 
Dapat
 hidup   bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti | 
| 
5 | 
Mengikuti   pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2
 kali setiap bulan | |
| 
6 | 
Setia
   membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh atau 
sebagian   diperolehnya dari usaha sendiri | |
| 
7 | 
Dapat
   berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari | |
| 
8 | 
Telah   membantu mengelola kegiatan di Ambalan | |
| 
9 | 
Telah ikut   aktif kerja bakti di masyarakat 
minimal 2 kali | |
| 
10 | 
Dapat
   menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali | |
| 
Intelektual | 
11 | 
Mengenal,
   Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka | 
| 
12 | 
Dapat   menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia
 dan Dunia | |
| 
13 | 
Dapat   menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan
 tanda-tanda alam lainnya dalam   pengembaraan | |
| 
14 | 
Dapat
   menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | |
| 
15 | 
Dapat   menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan
 PBB | |
| 
16 | 
Dapat   menjelaskan tentang kewirausahaan. | |
| 
17 | 
Dapat   mendaur ulang barang tidak terpakai 
menjadi barang yang bermanfaat | |
| 
18 | 
Dapat
   menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam 
kehidupan   sehari-hari | |
| 
Fisik | 
19 | 
Selalu
 berolahraga,   mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai
 1 (satu) cabang   olahraga tim | 
| 
20 | 
Dapat
   menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan | |
| 
21 | 
Dapat   memimpin baris berbaris sangganya, dapat 
menjelaskan tentang gerakan baris   berbaris kepada anggota sangganya 
yang terdiri atas gerakan di tempat | |
| 
22 | 
Dapat
   menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang 
  disebabkan perilaku tidak sehat | |
| 
23 | 
Ikut 
serta   dalam perkemahan selama 3 hari berturut - turut | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar